Workshop Desain

Meningkatkan Kemampuan Desain Pengurus HMP Kimia Kovalen Melalui Workshop Desain

Workshop Desain merupakan salah satu program kerja HMP Kimia Kovalen bidang Infokom departemen Media. Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengurus HMP Kimia Kovalen FKIP UNS dalam hal desain. Periode ini Workshop Desain dilaksanakan dua kali, dimana seharusnya dilaksanakan tiga kali. Hal ini karena pandemi yang membuat harus merubah timeline offline menjadi online.

Pada periode ini, workshop desain pertama dilaksanakan pada tanggal 19 April 2020 bersamaan dengan acara Solid 1. Workshop desain pertama menghadirkan pembicara yang luar biasa, Isnaeni Nabila Pendidikan Kimia angkatan 2017 sekaligus salah satu alumni dari Kovalen. Dalam waktu kurang lebih 45 menit Pembicara memberikan materi tentang dasar-dasar desain, tools aplikasi canva dan corel draw. Tidak hanya diberikan materi, pengurus juga langsung ikut melakukan praktik membuat desain yang bertema Stay at Home. Kemudian, beberapa desain dari pengurus dibahas bersama mengenai kombinasi warna, ukuran font, jenis font, gambar, dan sebagainya. Pemilihan aplikasi corel draw dan canva pastinya ada dasar. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari Vina Rusliana yang menjabat sebagai Ketua Bidang Infokom dan sebagai penanggungjawab program kerja Workshop Desain. ”Soalnya kebanyakan pengurus HMP Kimia Kovalen menggunakan corel draw, jadi kita ingin mengasah kemampuan desain pengurus menggunakan corel draw. Tapi kan karena keadaan pandemi dan semua di rumah masing-masing, ngga semua pengurus punya corel draw gitu, jadi kita pilih alternatif lain biar mereka tetap belajar menggunakan canva,” ungkapnya pada Sabtu, (23/01).

Tidak berhenti sampai situ, bidang Infokom melakuka follow up dari workshop desain pertama. Hal ini dilakukan selama tiga minggu sampai satu bulan sekali. Follow up dilakukan dengan memberikan materi yang diambil dari youtube. Materi tersebut mengenai dasar-dasar corel draw, tutorial desain grafis corel draw, tips belajar desain secara cepat, kesalahan desain grafis pemula, spacing, flat desain peralatan, dan flat desain karakter.

Selanjutnya, workshop desain kedua yang dilaksanakan tanggal 22 November 2020. Kegiatan yang diisi oleh Mas Fauzi Cahya menyongsong tema “Tips and trick : How to Create an Interesting Flyer Design” ini dilaksanakan secara daring melalui Google Meet. Pemateri pada workshop desain kedua ini merupakan Koordinator Komisi D Media dan Humas FSLDK  KALTIM-KALTARA. Sebelum kegiatan workshop desain dilaksanakan, pengurus membuat desain yang bisa menggunakan aplikasi apapun sesuai dengan ahlinya masing-masing. Materi yang diberikan sangat menarik yang sesuai dengan tema, yaitu diberikan tips agar desain yang dibuat menarik misalnya jenis font, warna desain, ukuran font, dan sebagainya. Selain itu juga dapat dilihat dari antusiasnya pengurus dalam menanggapi pertanyaan dan juga bertanya pada hal-hal yang belum dipahami.

Memang karena pandemi bisa lebih banyak kendala selama pelaksanaan secara online dibandingkan secara offline. Susah sinyal, kuota, ada kegiatan lain sudah menjadi kendala-kendala yang tidak asing selama pelaksanaan program kerja. Namun, tidak menghalangi kami untuk mendapatkan ilmu yang salah satunya ilmu tentang desain. Vina Rusliana menuturkan harapan terkait Workshop Desain. “Walaupun keadaan pandemi dan kita ga bisa belajar bareng dengan aplikasi corel maupun dengan aplikasi lainnya kita masih bisa belajar desain dengan aplikasi gratis. Jadi, kemampuan desain pengurus meningkat dan bukan beberapa orang saja yang bisa desain,” ungkapnya pada Sabtu, (23/01).

Endika Sofya P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *