Sosialisasi

Sosialisasi : Pembuatan Hand Sanitizer di Desa Ngebung, Sragen, Jawa Tengah

Sosialisasi merupakan salah satu program kerja HMP Kimia Kovalen FKIP UNS yang dipegang oleh Departemen Humas Bidang Infokom. Sosialisasi dilaksanakan bersamaan dengan acara Kovalen Care (KovCare). Kegiatan ini biasanya berupa penyuluhan yang diberikan kepada desa sasaran dan diharapkan dapat diterima, diterapkan, dan memberi manfaat secara nyata kepada desa tersebut. Berbeda dengan periode sebelumnya yang dapat diikuti oleh seluruh pengurus pada satu desa sasaran, pada periode ini dilaksanakan pada desa sasaran dan share from home masing-masing pengurus.

Pada periode 2020 desa sasaran dari sosialisasi adalah Desa Ngebung, Sragen, Jawa Tengah dan diadakan pada tanggal 5 September 2020 pukul 08.30-12.00 WIB. Sosialisasi yang diadakan di Desa Ngebung, yaitu tentang pembuatan hand sanitizer yang dijelaskan oleh Tamara dan Sesilia yang merupakan salah satu pengurus HMP Kimia Kovalen. Sebelum disosialisasikan, Tamara dan Sesilia diberikan bimbingan oleh Bu Elfi yang merupakan salah satu Dosen Pendidikan Kimia. Selain itu, hand sanitizer yang sudah dibuat juga dibagikan kepada warga Desa Ngebung.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Muhammad Khoirul Anam Ketua Bidang Pengabdian Mahasiswa (Pengmas). “Sosialisasi merupakan program kerja yang termasuk dalam serangkaian kegiatan dari bakti sosial Kovalen Care VIII. Sosialisasi dilakukan di desa Ngebung, Kec. Kalimabe, Sragen pada tanggal 5 September 2020, yang mana pada waktu itu masih dalam masa pandemi covid 19. Oleh karena itu, HMP Kimia Kovalen berinisiatif untuk mengadakan sosialisasi kepada masyarakat desa Ngebung dengan tema pembuatan Handsanitizer dengan maksud agar masyarakat desa Ngebung dapat produktif di masa pandemi terutama pada pembuatan Handsanitizer. Sosialisasi diikuti oleh warga desa Ngebung. Terutama kita undang kepada warga yang  mempunyai peran komunikatif di daerahnya masing masing. Seperti Ketua Ibu PKK, Ketua Karangtaruna, Ketua RW, Ustad dan Tokoh Masyarakat. Acara sosialisasi dilakukan dengan praktek pembuatan Handsanitizer beserta penyerahan bahan bahan Handsanitizer”, ungkapnya pada Rabu, (27/1).

Dengan adanya pandemi, pengurus tidak dapat hadir secara langsung di Desa Ngebung. Namun, pengurus lain yang tidak dapat hadir juga turut serta dalam sosialisasi yang diadakan melalui kegiatan Share From Home. Sosialisasi dikombinasikan dengan Gerakan Hidup Sehat (GERMAS), yaitu dengan mensosialisasikan cara menjaga kebersihan diri selama pandemi.

Walaupun kegiatan mengalami cukup banyak hambatan karena adanya pandemi, kami tetap mendapat pengalaman dan ilmu dari kegiatan ini. Salah satunya adalah pengalaman dan ilmu dari Laras Kusuma bidang Pembinaan. “Mbah Jeprik adalah seorang janda berusia 79 tahun. Beliau tinggal sendiri di rumahnya karena anak – anaknya merantau. Mbah jeprik sehari-hari bertani di sawah untuk mencari sesuap nasi. Meskipun telah memasuki usia senja tetapi beliau masih semangat untuk berjuang dan tidak mengenal lelah”, cerita Laras pada Rabu, (27/1).

Vina Rusliana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *