Magang Kovalen 2020

Magang Kovalen 2020 untuk Meningkatkan Fungsi Kaderisasi HMP Kimia Kovalen

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Kovalen (HMP Kimia Kovalen) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Magang Kovalen secara daring pada Jumat, 9 Oktober 2020 hingga Minggu, 20 Oktober 2020.

Kegiatan yang diikuti mahasiswa pendidikan kimia 2020 ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan keorganisasian kepada peserta magang dan meningkatkan fungsi Kaderisasi HMP Kimia Kovalen FKIP UNS.  Dimulai dengan Grand Opening Magang (09/10), para peserta atau mahasiswa pendidikan kimia 2020 mendapatkan materi mengenai program kerja maupun hal-hal yang menyangkut HMP Kimia Kovalen yang dipaparkan oleh setiap ketua bidang. Pemaparan program kerja dilakukan melalui google meet, kemudian setiap bidang di breakout room dan peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sehingga kemudian kelompok-kelompok tersebut dapat mengetahui lebih dalam mengenai bidang-bidang yang ada di himpunan dengan tiap kelompok dirolling ke setiap room untuk menanyakan hal-hal yang masih ingin diketahui terhadap bidang-bidang yang ada. Tujuannya adalah agar mereka memastikan apa yang ingin mereka ketahui sehingga menjadi pertimbangan dalam mendaftar magang. Setelahnya diadakan open recuitment Magang Kovalen 2020 sehingga para pendaftar selanjutnya ditempatkan di bidang tertentu.

Selama diadakan magang, para peeserta magang diajarkan mengenai kepanitian di bidang masing-masing, mendapatkan informasi-informasi terkait program kerja dalam bidang etrsebut, dan hal lainnya yang berkaitan dengan himpunan. Selain mendapatkan informasi mengenai bidang tempat mereka magang, juga di adakan kelas besar yang melibatkan seluruh peserta magang dan pengurus himpunan. Tujuannya adalah, informasi yang peserta magang dapatkan tidak hanya sebatas dari bidang tempat mereka magang, tetapi mereka juga mendapatkan materi-materi dari bidang lainnya. Sehingga tetap merata dalam pemberian informasi ini.

Tidak hanya diberikan informasi dan terlibat dalam kepanitiaan, peserta magang juga mendapatkan tugas-tugas tertentu sesuai dengan materi yang mereka dapatkan. Pemberian penugasaan ini untuk mengukur sejauh mana mereka berperan aktif dan memahami materi yang disampaikan sebelum-sebelumnya. Dengan adanya penugasan tersebut, pengurus himpunan juga berkewajiban untuk memantau dan menilai sikap serta pengetahuan yang dimiliki peserta magang selama magang berjalan. Pun, pengurus harus memastikan jika informasi yang disampaikan sudah sesuai dengan standar isi dan standar proses yang telah disusun sebelumnya.

Kegiatan Magang Kovalen 2020 ditutup dengan adanya Grand Closing yang diadakan pada Minggu, 20 Desember 2020. Dalam acara ini beberapa peserta magang juga memberikan kesan pesan yang mereka dapatkan selama magang. 

Vina Rusliana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *