Lomba Poster Digital (PCl5)

Lomba Poster Digital Nasional PCl5 sebagai Salah Satu Sub Acara KEF X

HMP Kimia Kovalen mengadakan Lomba Poster Digital Nasional PCL5 pada Sabtu, 24 Oktober 2020 hingga Sabtu, 31 Oktober 2020 dalam rangka melaksanakan Kovalen Edu Fair (KEF) X.

Kegiatan yang rencananya ditujukan untuk siswa SMP dan SMA sederajat di Jawa Tengah dan DIY ini beralih menjadi lomba poster digital. Pun, targetnya menajdi berubah yaitu menjadi umum agar tidak hanya pelajar, tetapi mahasiswa maupun mahasiswi bisa mengikuti juga. Sistem lomba poster PCL5 secara digital ini baru pertama kali dilaksanakan selama KEF berlangsung. Sebelum-sebelumnya, lomba poster PCl5 dilakukan secara langsung dimana siswa dan siswi SMA ataupun SMP yang mendaftar harus hadir secara langsung ke tempat pelaksanaan lomba. Biasanya lomba diadakan di lobby gedung D FKIP UNS. Kemudian peserta diberikan kertas berukuran A3 oleh panitia untuk menggambarkan idenya menggunakan crayon maupun pewarna lain yang diperbolehkan.

Hal itu jelas berbeda dengan pelaksanaan pada periode ini, dimana pada periode ini peserta diahrusnya bisa mendesain dengan aplikasi-aplikasi desain yang ada seperti CorelDraw, Photoshop, dan lain-lain. Dengan tema “Youth Inovation  in Era Society 5.0 by Developing  Artificial Intelligence as an Effort in Solve Social Problems” para peserta diberi waktu selama satu bulan untuk batas pengumpulan dari tanggal pendaftaran. Pendafatran dibagi menjadi dua gelombang. Kemudian selanjutnya dilakukan sesi penjurian oleh juri yang telah dipilih dan voting juara favorit yang dilaksanakan melalui google form. Pemenang lomba kemudian diumumkan pada 31 Oktober 2020 melalui instagram resmi kef yaitu @kef_kovalen serta melalui email pribadi peserta yang bersangkutan. Kemudian pemenang juga akan diumumkan pada sesi akhir Webinar Nasional yang diadakan keesokan harinya. Pemenang Lomba Poster Digital National PCl5 ini adalah Ahmad Hanif  S dari UNS sebagai juara 1, Juara 2 Carissa Faustna D dari SMA Katolik Santu Petrus Pontianak, Juara 3 Mikhaela Setyawan dari SMAK IPEKA Tomang 2 Jakarta Barat sekaligus juga sebagai juara favorit. Dengan adanya pengumuman tersebut maka pelaksanaan lomba poster dinyatakan selesai. Semoga kedepannya para pemuda indonesia lebih banyak memberikan inovasi-inovasi yang dapat diterapkan untuk Indonesia dan keberjalanan KEF selanjutnya lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Sampai jumpa di Lomba Poster PCl5 tahun berikutnya.

Bagus Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *