Kunjungan Dosen

Kunjungan Dosen : Silaturahmi bersama Dosen Pendidikan Kimia FKIP UNS

Kunjungan Dosen merupakan salah satu program kerja HMP Kimia Kovalen bidang Infokom departemen Humas. Tujuan diadakannya program kerja ini adalah untuk mempererat hubungan mahasiswa dengan Dosen Pendidikan Kimia FKIP UNS. Kegiatan yang biasanya dilaksanakan sebanyak tiga kali ini hanya dilaksanakan dua kali selama kepengurusan periode 2020. Pun, akibat adanya pandemi kegiatan ini diubah sistemnya menjadi daring. Padahal, sebelum-sebelumnya kegiatan dilaksanakan dengan mengunjungi langsung rumah dosen yang dituju. Dosen yang dituju merupakan dosen yang belum pernah dikunjungi sebelum-sebelumnya, sehingga merata dalam bersilaturahmi ke rumah dosen Pendidikan Kimia FKIP UNS.

Pada periode ini, kunjungan dosen dilaksanakan pada Sabtu, 26 September 2020 mengunjungi bu Nur Hasanah dan Sabtu, 10 Oktober mengunjungi Pak Masykuri. Kegiatan dilaksanakan dengan berbagi pengalaman-pengalaman menarik semasa kuliah dan lainnya oleh dosen kemudian diakhiri dengan tanya jawab. Walaupun kegiatan dilaksanakan secara virtual, tetapi peserta masih aktif untuk menanggapi.

Tentunya memang ada beberapa perbedaan antara kunjungan secara langsung dengan kunjungan virtual ini. Jika pada kunjungan langsung, panitia harus survei ke rumah dosen tersebut sebelum hari pelaksaan maka pada kunjungan virtual ini panitia hanya mempersiapkan media yang digunakan. Selain itu pada kunjungan virtual ini tidak ada acara makan-makan bersama dosen seperti pada kunjungan dosen secara langsung, karena biasanya ketika kita berkunjung ke rumah dosen selalu disuguhi beberapa makanan. Bahkan hal itu yang dirindukan oleh mahasiswa terutama mungkin anak kos seperti yang dikatakan oleh Endika. “Yang dikangenin dari kunjungan dosen ya makan-makan sekaligus dengerin pengalaman dosen, jadi lebih seru,” ungkap Endika Kamis, (21/01).

Memang ada kelebihan dan kekurangan tersendiri dari kedua sistem yang berbeda ini. Misalnya, ketika kunjungan secara langsung kita dapat mengetahui letak rumah dosen tersebut dan dapat bertatap muka langsung sedangkan jika kunjungan virtual kita hanya mendengarkan pengalaman melalui web meeting, sehingga kita tidak dapat mengetahui secara pasti dimana letak rumah dosen tersebut. Namun, apapun cara yang dilakukan, baik bertemu secara langsung maupun melalui web meeting, kunjungan dosen diharapkan dapat mempererat hubungan antara dosen dan mahasiswa pendidikan kimia itu sendiri. Tidak hanya itu, bagi mahasiswa pendidikan kimia pun diharapkan dapat menamdapatkan motivasi melalui pengalaman-pengalaman yang diceritakan oleh dosen yang dikunjungi.

Putri Ayuni, selaku penanggungjawab program kerja ini menuturkan harapannya diadakan kunjungan dosen ini agar lebih dekat dengan dosen dan mendapat ilmu dari pengalaman dosen tersebut. “Intinya, harapan aku buat kunjungan dosen biar kita bida mendapatkan sesuatu yang waw yang bisa mengubah pandangan dari pengalaman dosen yang dibagikan ke kita saat kunjungan,” ungkapnya pada Rabu, (20/01).

Vina Rusliana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *