KOVCARE VIII

Kovalen Care VIII : Wujudkan Jiwa Sosial Pengurus Hmp Kimia Kovalen di Masa Pandemi

Kovalen Care (Kovcare) VIII yang dilaksanakan pada 5-7 September ini bertujuan untuk mewujudkan jiwa sosial pengurus dengan berbagi melalui kegiatan Share From Home dan Kovalen Care in Ngebung.

Adanya Pandemi COVID-19 mengharuskan seluruh mahasiswa maupun masyarakat luas melakukan segala kegiatan melalui jarak jauh. Sejak diberlakukannya peraturan  tersebut, terjadi perubahan sistem kegiatan yang tadinya luring menjadi daring. Termasuk pembelajaran di kampus serta kegiatan organisasi. HMP Kimia Kovalen menjadi salah satu organisasi yang terdampak oleh pandemi ini sehingga menyebabkan beberapa kegiatan harus diubah sistemnya bahkan dilakukan penjadwalan ulang.

Pada 5-7 September 2020, HMP Kimia Kovalen telah melaksanakan salah satu program kerja berbasis bakti sosial. Program Kerja Kovalen Care ini merupakan acara tahunan dimana pada periode 2020 ini sudah memasuki Kovcare VIII. Dengan adanya program kerja ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa sosial para penguus himpunan terutama untuk saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Sayangnya, akibat pandemi ini membuat program Kovcare yang sudah direncanakan sedemikian rupa harus dijadwal ulang dan menyesuaikan dengan kondisi. Harapan untuk diadakan pada pertengahan tahun dengan sub-sub acara sedemikian yang sudah dirancang harus diundur menjadi bulan september dengan mengganti konsep acara.

Tidak seperti Kovcare sebelumnya yang terdiri dari acara pengobatan gratis, sembako gratis, pakaian murah, dan sosialisasi, serta dilaksanakan di suatu desa yang dituju dengan dihadiri banyak warga dan seluruh pengurus himpunan, kegiatan ini mengalami perubahan sesuai dengan kondisi. Sejak pandemi, banyak pengurus yang pulang ke kampung halaman masing-masing serta diberlakukannya peraturan untuk tidak berkumpul dengan khalayak ramai membuat Kovcare ini mengusung kegiatan Share in Desa Ngebung dan Share From Home. Tujuannya adalah untuk tetap berbagi di tengah pandemi serta tetap melibatkan seluruh pengurus yang jumlahnya melebihi 100 orang tersebut. Kegiatan Share in Desa Ngebung tersebut dilakukan pada tanggal 5 September dengan kegiatan berupa pengobatan gratis, sosialisasi pembuatan hand sanitizer, germas. Adapun untuk pengurus yang menghadiri Share in Desa Ngebung tersebut hanya dibatasi 35 pengurus, sedangkan untuk warga hanya dibatasi 10 orang saja.

Sedangkan untuk kegiatan Share From Home dilakukan di masing-masing lingkungan rumah para pengurus di berbagai wilayah dari mulai tanggal 5-7 September 2020. Dengan dibekali uang Rp50.000,00 yang diberikan oleh bendahara Kovcare kepada setiap pengurus, para pengurus diharapkan untuk berbagi kepada warga yang sekiranya membutuhkan bantuan berupa sembako. Uang yang diberikan bendahara tersebut diharuskan habis untuk membeli sembako dan mencetak pamflet germas untuk disosialisasikan kepada warga sekitar. Adapun, para pengurus diperbolehkan jika ingin menambah barang-barang yang akan dibeli dengan uang pribadi. Dengan adanya kegiatan tersebut, maka secara langsung dapat menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian para pengurus HMP Kimia Kovalen terhadap lingkungan sekitar, terutama terhadap orang-orang yang membutuhkan bantuan. Sehingga, tujuan dari adanya program kerja ini tetap tercapai walaupun di tengah keadaan pandemi.

Vina Rusliana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *