Webinar Nasional

Webinar Nasioal “Sinergisitas IPTEK dalam Mengembangkan Passion Pemuda di Era Society 5.0” sebagai Puncak KEF X

HMP Kimia Kovalen FKIP UNS melaksanakan webinar nasional sebagai puncak kegiatan Kovalen Edu Fair (KEF) X pada Minggu, (01/11/2020). Dengan mengangkat tema “Sinergisitas IPTEK dalam Mengembangkan Passion Pemuda di Era Society 5.0” ini, webinar dihadiri oleh tiga pembicara diantaranya adalah Dr. Eng. Khoirul Anwar, Edy Fajar, S.P., dan Dr. Sri Yamtinah, serta dilaksanakan secara daring melalui zoom cloud meeting dan siaran langsung Youtube Kovalen UNS.

Dari ketiga pembicara yang memiliki basic berbeda-beda maka kita bisa mendapatkan tiga sudut pandangan mengenai era society 5.0 ini. Misalkan saja Dr. Eng Khoiru Anwar yang merupakan Direktur Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) The Center For Advanced Intelligent Communications (AICOMS) mengemukaan pendapatkan dalam segi teknologi. Kemudian Edy Fajar dalam sudut pandang enterpreuner, dan yang terakhir Dr. Sri Yamtinah selaku Dosen Pendidikan Kimia FKIP UNS berpendapat dalam segi pendidikan.

“Dengan adanya perubahan era, saya sangat beruntung karena pada saat S-3 sudah mulai menggunakan komputer dengan aplikasi untuk analisis data. Sebelumnya  masih memakai papan tulis kapur. Di era sekarang, pengajar dituntut untuk mengajar dengan jarak jauh, tetapi untuk metode pembelajaran ini justru lebih efektif dan menjadikan mahasiswa lebih aktif,” ujar Sri yamtinah (01/11).

Webinar nasional yang dikemas dengan metode talkshow ini tentunya mambwa suasana yang lebih aktif walaupun antara pemateri, moderator, dan peserta tidak bertatap muka secara langsung. Sistem talkshow yang digunakan ini membuat suasanya webinar menjadi lebih santai dan tidak terkesan kaku, sehingga para peserta juga aktif dalam menanggapi di kolom komentar youtube serta mengajukan pertanyaan-pertanyaan.

Di sesi akhir webinar nasional, ada pengumuman lomba-lomba yang sebelumnya telah dilaksanakan. Lomba Poster Digital Nasional PCl5 yang merupakan salah satu sub acara KEF X yang sudah dilaksanakan satu minggu sebelum puncak KEF untuk penjurian. Dimenangkan oleh Ahmad Hanif  S dari UNS sebagai juara 1, Juara 2 Carissa Faustna D dari SMA Katolik Santu Petrus Pontianak, Juara 3 Mikhaela Setyawan dari SMAK IPEKA Tomang 2 Jakarta Barat sekaligus juga sebagai juara favorite. Pemilihan juara favorite dalam lomba poster digital nasional PCl5 ini melalui voting menggunakan google form sedangkan untuk juara 1,2, dan 3 melalui penilaian juri.

Adapun pengumuman lain yang diberitahukan di akhir sesi webinar adalah Nasional Essay Competition (NEC). Acara yang dilaksanakan sejak 2 Oktober 2020 (pendaftaran) itu berakhir pada 31 Oktober 2020 dengan dilaksanakan presentasi finalis. Kemudian diumumkan pada 1 Novermber 2020, yaitu juara 1 M. Syahrir Makmur dari Universitas Pertamina, Juara 2 Nur Hanna M dari UNDIP, Juara 3  Rangga Eka M dari UGM,  dan Best Presentation didapatkan oleh I Wayan Wira Y dari Universitas Brawijaya.

Terakhir merupakan pengumuman National Chemistry Competition (NCC) yang dilaksanakan pada 31 Oktober 2020. Juara 1 adalah Emilda P. A dari MAN 2 Kota Malang, Juara 2 Fahmi Nur Alim dari SMKN 13 Bandung, dan juara 3 Kamila Z dari SMAN 1 Jepara.

Dengan adanya pengumuman pemenang dari lomba-lomba tersebut, maka Kegiatan KEF X maupun Webinar Nasional resmi ditutup.

Vina Rusliana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *