KKI

Menambah Wawasan Mahasiswa Pendidikan Kimia melalui Klub Karya Ilmiah

     Masa pandemi bukanlah halangan bagi kita untuk terus berkarya, karya ilmiah. HMP Kimia Kovalen tetap mengadakan kegiatan untuk memberikan fasilitas berupa pngenalan megenai lomba-lomba karya ilmiahagar mahasiswa.

Tahun 2020 ini kita di hadapi dengan berbagai rintangan besar yaitu adanya pandemi covid-19. Hal tersebut memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam pendidikan, kesehatan, ekonomi, transportasi, dan lain-lain. Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam artikel ini adalah dampak pandemi terhadap kegiatan kemahasiswaan yaitu kepenulisan karya ilmiah. Adanya pandemi memberikan hambatan dalam kegiatan kepenulisan karya ilmiah. Mulai dari kegiatan lomba yang berkurang, bentuk kegiatan yang berubah, akses untuk melakukan kegiatan yang dibatasi, dan lain-lain.

Namun, sebagai aktivis mahasiswa kita tidak boleh tinggal diam dengan keadaan yang ada. Kita perlu mencari alternatif agar kegiatan dapat tetap berjalan di masa pandemic ini. HMP Kimia Kovalen tetap mengadakan kegiatan yang diberi nama KKI (Klub Karya Ilmiah) yang bertujuan untuk memberikan fasilitas berupa pengenalan mengenai lomba-lomba karya ilmiah agar mahasiswa dapat termotivasi dan menambah pemahaman serta menjadi wadah untuk menyalurkan kemampuan mahasiswa di bidang keilmiahan.

KKI dilaksanakan 4 kali, KKI 1 pada tanggal 25 April 2020, KKI 2 pada tanggal 20 Juni 2020, KKI 3 pada tanggal 12 Desember 2020, dan KKI 4 pada tanggal 12 Desember-21 Januari 2020. Kegiatan tersebut diikuti mahasiswa Pendidikan kimia dari Angkatan 2018-2020. Dengan adanya KKI diharapkan dapat memacu semangat mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP UNS untuk mengikuti acara karya ilmiah dan menyalurkan kemampuan dalam karya tulis ilmiah.

Dalam masa pandemi ini, KKI dilaksanakan melalui media daring. Pada KKI 1 dilaksanakan diskusi melalui grup WhatsApp. Materi yang disampaikan adalah “Tips dan Trik Menulis Karya Tulis Ilmiah” yang diwajibkan bagi mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2019 dan boleh diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Kimia lainnya. Pada KKI 2 dilaksanakan diskusi melalui Google Meet. Materi yang disampaikan yaitu “Program Kreativitas Mahasiswa” yang diwajibkan bagi mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2018 dan boleh diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Kimia lainnya. Pada KKI 3 dilaksanakan diskusi melalui Zoom Cloud Meetings dan siaran langsung YouTube. Materi yang disampaikan adalah “Essay is Easy” yang diwajibkan bagi mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2020 dan boleh diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Kimia lainnya. Pada KKI 4 diadakan program intensive class, intensive class adalah sebuah kelas intensif dimana   mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2020 yang lolos 12 essay terbaik dalam ” training writing essay angkatan 2020″ dibimbing untuk memperbaiki karya essay masing-masing, kemudian dibina, dibantu, diarahkan untuk memilih dan mengikuti lomba essay tingkat nasional oleh para mentor KKI. Kemudian juga dimotivasi untuk terus berani berkarya dan selalu berinovasi yang dituangkan dalam karya tulis ilmiah melalui video tayangan kakak tingkat berprestasi dan motivasi secara verbal. 

Hafid Al Afif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *