Donor Darah

Ayo Donor Darah : Sebar Kebermanfaatan Melalui Donor Darah

Stock darah semakin menipis, padahal pandemi bukanlah suatu halangan dalam melakukan kegiatan sosial. HMP Kimia Kovalen telah mengadakan edukasi dan sosialisasi ajakan donor darah pada masa pandemi.

Pada masa pandemi seperti saat ini berbagai sektor kehidupan terpengaruh efeknya. Seperti misalnya pada sektor kesehatan, terutama pada Palang Merah Indonesia (PMI) yang kekurang dalam pemenuhan stok darah untuk keperluan kesehatan. Sering kali terdapat anggapan dalam masyarakat bahwa pada masa pandemi tidak dianjurkan untuk melakukan donor darah. Padahal hal tersebut merupakan pandangan yang keliru. Pada keadaaan pandemi tetap dapat dilakukan donor darah dengan mematuhi protocol kesehatan. Maka dengan ini diperlukan sosialiasi yang lebih dalam masyarakat agar tidak salah pandang dalam pelaksanaan donor darah.

Dalam rangka edukasi dan sosialiasi mengenai donor darah kepada masyarakat luas, HMP Kimia Kovalen telah mengadakan program kerja Donor Darah yang bertemakan “Ayo Donor Darah”. Dalam program kerja tersebut berisi sosialisasi edukasi melalui video dan pamflet mengenai fakta – fakta donor darah, manfaat donor darah, serta pelurusan pandangan mengenai donor darah pada masa pandemi. Bentuk kegiatan tersebut adalah sosialisasi melalui publikasi media sosial seperti Instagram dan WhatsApp. Selain sosialiasisasi, terdapat pula ajakan untuk berdonor darah yang mana jika ada masyarakat mengikuti challenge ajakan donor darah ini maka akan mendapatkan hadiah berupa pulsa. Hadiah ditujukan semata mata agar memotivasi masyarakat untuk berdonor darah.

Kegiatan tersebut telah terlaksana pada tanggal 29 November – 12 Desember 2020. Dan telah diikuti oleh seluruh pengurus HMP Kimia Kovalen dalam publikasi pamflet dan video edukasi donor darah tersebut, serta diikuti oleh 4 orang yang telah melaksanakan donor darah. Pendataan peserta donor darah dilakukan dengan cognito. Pada akhirnya, kebutuhan kantong darah tetap dibutuhkan pada keadaan apapun. Oleh karena itu, uluran tangan manusia untuk manusia sangat dibutuhkan.

M. Khoirul Anam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *